PILKADA ENREKANG

Anggota KPU Pusat (Pramono) : Masyarakat Dibolehkan Melakukan SOSIALISASI Kotak Kosong Kapada Pemilih

BeritaTuntas.com.- Makassar.- Para Pendukung Kotak Kosong/Kolom Kosong Di beberapa daerah Di Indonesia yang menyelengarakan Pilkada di tahun 2018 Ini termasuk Kabupaten Enrekang, Kini bakal bernapas lega, ini terkait Statmen Salah Satu Komisioner KPU Pusat Pramono U. Tanthowi Yang membolehkan para pendukung untuk melakukan SOSIALISASI Kotak Kosong kepada para calon pemilih.

Fenomena Pasangan Calon (Paslon) tunggal baru dikenal sejak Pilkada serentak 2015, yg terjadi di 3 daerah. Lalu muncul lagi di Pilkada serentak 2017 dengan 9 daerah. Dan untuk Pilkada 2018 ini terjadi di 11 daerah termasuk di dalamnya adalah pilkada Kabupaten Enrekang (dan masih mungkin bertambah, karena masih ada proses yg berjalan). Di daerah daerah tersebut, Paslon tunggal bersaing melawan kotak/kolom kosong.

Lalu Bagaimana pengaturan terkait hak publik untuk mengkampanyekan kotak kosong. pertanyaan ini seringkali menjadi pertanyaan para aktivis dan Tokoh penggerak Kotak Kosong/Kolom Kosong di daerah yang melawan Paslon tunggal bersaing melawan kotak/kolom kosong.

Menurut salah Satu Komisioner Komisi Pemilihan Umum Pusat (KPU Pusat) Pramono U. Tanthowi memang hingga kini tidak ada hak publik untuk kampanye kotak kosong. Karena kampanye yang termuat dalam UU 7/2017 Pasal 1 angka 35 didefinisikan sebagai: “kegiatan peserta pemilu…,” dst. Nah, kotak kosong kan bukan peserta pemilu.

Untuk itu, maka KPU mengaturnya di PKPU No. 8/2017 Tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat. Pasal 27 intinya siapa saja dapat mensosialisasikan bahwa memilih kotak kosong dalam Pilkada Paslon tunggal itu sah.

Lanjut Pramono, Namun pelaksanaan sosialisasi kotak kosong juga ada rambu-rambunya. Misalnya, larangan untuk menyinggung unsur SARA, menyebarkan informasi yang tidak berimbang, penggunaan cara-cara kekerasan, dan lain lain

Jadi tidak ada istilah kampanye kotak/kolom kosong. Yang dibolehkan adalah melakukan SOSIALISASI kotak/kolom kosong kepada para calon pemilih di Daerah tersebut. Ungkap Pramono U. Tanthowi Yang juga mantan Ketua Bawaslu Provensi Banten Kapada redaksi Beritatuntas.

—–Baca Juga—–

Berita Terkait

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top