OPINI

Tanpa Jalan Pulang Oleh dr.Fikri Suadu

dr.Fikri Suadu (Direktur Exekutif Indonesia Hospital an Clinic Watch )

BeritaTuntas.com.- Tanpa Jalan Pulang dr.Fikri Suadu : Kalau bisa membantu ya dibantu, nasib orang siapa yang tau. Tuhan aja mengangkat derajat manusia ga pake neko-neko, hari ini dipenjara eh tau-tau besok sudah jadi bendahara negara. Hari ini mondar-mandir kehujanan ga jelas, eh ga taunya besok udah jadi Kepala Daerah. Atau sebaliknya, hari ini menyandang kehormatan mulia sebagai Pejabat Negara, tiba-tiba diciduk KPK dan meringsuk dipenjara, sudah begitu meninggalnya tragis lagi, tak ada yang melayat plus pemakamannya disertai hujan badai ga karuan. Hidup ya begitu.

Makanya jangan pernah menganggap remeh manusia, siapapun dia, apalagi terbesit pikiran untuk sengaja menghambat dan menghalang-halangi masa depannya. Itu sama saja kita menghambat dan menghalang-halangi masa depan sendiri. Apalagi jika sengaja mendzalimi dan menyakiti orang lain, karena kuasa lantas bersikap semena-mena dan tidak adil, ujungnya bakal runyam dan mengerikan. Cukup banyak pelajaran tentang akhir dari kehidupan orang-orang dalam bersikap melampaui batas yang diwariskan.

Sejuta kawan terlalu sedikit, seorang musuh terlalu banyak. Jangan berlebihan memperlakukan seseorang hingga ybs merasa tersakiti dan teraniaya. Karena jika demikian, dia memiliki keampuhan doa dan otoritas untuk melakukan Qisash berdasarkan ketetapan Allah.

Ingat, bagi setiap yang beriman, tak ada satu pun otoritas yang ditaati kecuali Otoritas Tuhan. Tidak Presiden ataupun aturan hukum lainnya, apalagi jika aturan hukum tersebut jelas-jelas bertentangan dengan Prinsip Moral yang diimani.

So, jangan berlebihan dan melampaui batas dalam bersikap apalagi jika itu berkaitan dengan orang lain.
Urusannya panjang karena yang kita lawan adalah aturan dan ketetapan Tuhan. Di akhir cerita yang ada hanyalah penyelasan tanpa jalan pulang.

Penulis : dr.Fikri Suadu (Direktur Exekutif Indonesia Hospital an Clinic Watch) 

Berita Terkait

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top