KOTA MAKASSAR

Bayaran Upah Anda Lewat Empat Hari, Perusahaan Bisa Kena Denda

BeritaTuntas.com. Makassar.- Ada kalanya pekerja dihadapkan pada kenyataan, keterlambatan Bayaran Upah oleh perusahaan karena berbagai alasan, entah karena sistem perbankan yang offline, ataupun masalah keuangan perusahaan yang sedang krisis.

Kemudian, jika hal tersebut terjadi berulang ulang, bagaimana sikap yang harus dilakukan oleh pekerja, berikut penjelasan dan keterangan tentang peraturan ketenaga kerjaan terkait keterlambatan pengupahan,

“Upah adalah hak pekerja/buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada buruh/pekerja yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan atau peraturan perundang undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan.”

Bedasarkan isi pasal 1 angka 30 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang tercantum diatas dapat diketahui upah ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerjasama.

Upah harus dibayarkan seluruhnya pada setiap periode dan pertanggal pembayaran upah yang disepakati.

Pengusaha yang karena sengaja atau kelalaiannya mengakibatkan keterlambatan pembayaran upah, maka dikenakan denda sesuai persentase tertentu dari upah pekerja/buruh yang diatur oleh pemerintah dalam pasal 55 PP No. 78 tahun 2015 tentang Pengupahan,

Keterlambatan pembayaran upah oleh perusahan akan dikenai denda 5 %, per harinya, terhitung mulai hari ke empat sampai hari kedelapan. Sesudah hari kedelapan apabila upah masih belum dibayarkan maka akan ditambah 1% per harinya, kemudian apabila perusahaan tetap membandel tidak membayarkan upah sesudah sebulan maka denda 5%+1%+ bunga sebesar suku bunga yang berlaku di bank pemerintah.

Pengenaan denda tersebut tidak menghilangkan kewajiban pengusaha untuk tetap membayarkan upah kepada pekerja/buruh.

—–Baca Juga—–

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BeritaTuntas.com Merupakan Situs Portal Berita Online Yang Menyajikan Merita Terbaru, Terhangat,Dan Terpercaya Seputar Peristiwa Terkini Dengan Berbagai Macam Topik Pembahasan Mulai Dari Hukum ,Ekonomi Bisnis,Politik,Pilkada,Hiburan,Teknologi,dan Berbagai Opini dari Para Tokoh di Segala Bidang.

To Top