NASIONAL

Siswa Berhak Memilih Mata Pelajaran Pilihan Sendiri Pada UN 2017

Simulasi Ujian Nasional
Surat edaran (SE) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Ket Gambar : Surat edaran (SE) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

BeritaTuntas.Com.- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) telah mengeluarkan surat edaran tentang pendaftaran peserta ujian Nasional 2017 .Dalam surat Edaran tersebut khusus untuk UN SMA sekolah diminta untuk mendata mata pelajaran pilihan yang akan di diujikan kepada siswa pada ujian 2017 mendatang ,Mapel pilihan itu ditentukan oleh siswa siswi sesuai jurusan atau permintaan siswa siswi tersebut ,dan bukan di tentukan oleh pihak sekolah.

Selain harus menempuh mata pelajaran wajib UN, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, setiap siswa SMA peserta UN juga diwajibkan memilih satu mapel pilihan sesuai jurusan atau peminatannya. Untuk jurusan IPA, siswa dapat memilih salah satu mapel, yaitu Fisika, Kimia, atau Biologi. Untuk jurusan IPS, siswa dapat memilih mapel Geografi, Sosiologi, atau Ekonomi. Kemudian untuk jurusan Bahasa, mapel yang dapat dipilih siswa yaitu Antropologi, Sastra Indonesia, atau Bahasa Asing (Mandarin, Jepang, Arab, Jerman, atau Perancis).

Setelah dinas pendidikan provensi/kabupaten/kota dan kantor wilayah provensi/kabupaten/kota Kementrian Agama memperbaharui data peserta UN 2017, data tersebut harus di unggah ke lamaan:http://biounsmp.kemdikbud.go.id/ dan biounsma.kemdikbud.go.id , paling lambat 25 januari 2017.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Nizam, mengatakan, mapel pilihan pada UN tidak mempengaruhi jurusan atau program studi yang akan dipilih siswa untuk perguruan tinggi sesuai yang di kutip pada web kemdikbud.go.id.

“Tidak ada hubungan antara pilihan mapel pada UN dengan program studi dan jurusan yang akan diambil di perguruan tinggi. Harapannya agar siswa bisa unjuk kemampuan terbaiknya pada mapel yang dipilih,” kata Nizam di Jakarta, .(RED BT)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BeritaTuntas.com Merupakan Situs Portal Berita Online Yang Menyajikan Merita Terbaru, Terhangat,Dan Terpercaya Seputar Peristiwa Terkini Dengan Berbagai Macam Topik Pembahasan Mulai Dari Hukum ,Ekonomi Bisnis,Politik,Pilkada,Hiburan,Teknologi,dan Berbagai Opini dari Para Tokoh di Segala Bidang.

To Top